Kamis, 18 Oktober 2012


Judul buku=nisaa haular swt; al-qudwatul-hasanah wal- uswatuth-thayyibah li nisaa'il-muslimah
penerbit=makbah ibnu sina,kairo 1991 m
penulis=muhammad ibrahim saliim
banyak halaman buku =153
SOSOK PRIBAD YANG SABAR
sedikit sekali di temui di kalangan wanita arab yang bisa menyamai kemuliaan syafiyah ,baik dari sisi keturunan ,mulai dari leluhurnya sampai anak cucunya ,maupun dari sisi akhalaknya .dia adalah sosok wanita yang kuat imanya,penyabar dan (sekaligus)ikhlas dalam berkorban dijalan ALLAH SWT .
Dalam perang uhud misalnya,ketika pasukan panah melanggar perintah Rasulullah saw .demi meninggal kan tempat mereka demi mengambil harta rampasan ,ma datanglah musuh meyerbu mereka dari arah belakang .pada saat itu berangkatlah hindu binti utbah – istri abu sufyah ,ibu khalifah mu'awiyah – bersama tentara musrik untuk membalas dendam kepada hamzah yang telah membunuk ayah ya dan kedua paman ya pada perang badar .
Untuk tujuan hindu memutuskan budakya ,wahsyi agar mengintai hamzah dan pembunuh nya. Akhirya ,apa yang di izinkan hindu tercapai .tobak yang diarahkan oleh wahsyi mengenai sasaran;hamzah pun terjatuh dan terluka .padasat wahsyi langsung menemui hundun yang sedang menari bersama para wanita Quraisy di hadapan tentara Quraisy .
Mendengar kabar gembira tersebut ,hindun langsung berangkat menuju mayat hamzah untuk di keluarkan jantung dan di kuyahnya sbangai rasa balas dendamnya .pada saat yang sama ,shafiyah – saudari hamzah langsung mencari jasad kakak ya di sela-sela serakan korban yang lain .
Karena khawatrir shafiyah tidak akan sanggup melihat jasa kakak ya ,rasulullah swt .menyuruh zubair (putra shafiyah) untuk menahan ibunya mencari jasad hamzah berangkatlah zubair menemui ibuya dan berkatalah “wahai ibu ,sesungguhya rosulullah menyuruh ibu untuk tidak berangkat (mencari jenazah hamzah)”.saat itu juga shafiyah menjawab dengan pelan dan pasti “,mengapa saya harus balik ? sesungguh ya ,saya telah mendengar apa yang terjadi pada saudara saya dan saya yakin ,demi ALLAH lah diameninggal .apapun yang terjadi padaya .”saya ikhlas dan sabar .insya ALLAH dia akan membalas semua nya,”zubair kembali ke pada rasulullah swt .mengabarkan apa yang dikata kan ibuya ,mendengar penuturan zubairahtentang ketabahan dan kesabaran ibunya ,rasulullah swt .membiarkan shafiyah mencari jasad kakakya hamzah .
Di hadapan jenajah kakakya ,shafiyah melepas kepergian kakakya samblberusaha menahan air mata nya seraya berkata ,”salam sejah bangimu wahai abu 'imarah (hamzah) ,smonga allah mengampuni mu .kita adalah bangsa yang mempunyai kebiasaanprang dan mati syahid .todak ada daya dan upaya kecuali hanya allah dan sesungguhya kita adalah milik -nya serta kepada -nyalah kita kembali .haya allah lah penolonngku dan dia adalah sebaik baik penolonng .semonga allah memberi penampunan buat kita dan memberi balasan kepadamu sebangaimana balasan hamba hamba nya yang ikhlas.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar